Selasa, 08 Februari 2022

Kepsek SMA, SMK Subang Diorientasi Kepramukaan

  •  
  • Seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) tingkat SMA, SMK termasuk SLB baik negeri maupun swasta di Kabupaten Subang mengikuti orientasi kepramukaan yang digelar oleh Pusdiklat Cabang Pramuka Subang di Gedung Kitri Kwarcab. Jalan Brigjen Katamso, Subang, Rabu (9/2/2022).

  • Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Kapusdiklacab) Pramuka Subang, Rumdi Raharja sebagai penggagas menjelaskan, kalau kegiatan ini baru pertama. "Kemungkinan akan berkelanjutan, termasuk untuk Mabigus di tingkat SMP dan Tsnawiyah baik negeri maupun swasta." katanya.

  • Peserta Orientasi Mabigus SMA/SMK/SLB baik negeri maupun swasta termasuk lembaga lain dibagi 2 gelombang, sesuai situasi kondisi di masa pendemi Covid-19. "Hari ini diikuti 48 peserta yang sebagian besar Kepsek SMA SMK dan SLB negeri," jelasnya. 

  • Sedangkan pada Kamis besok dari SMK Swasta dan lembaga lain. Materi yang diberikan cukup lengkap mulai arah kebijakan Pramuka di Subang hingga tanda pengenal dan jabatan serta diakhiri dengan outbound. 

  • Ketua Harian Kwarcab. Pramuka Subang, Ano Suyatno yang mewakili Ketua Kwarcab. Pramuka Subang, Tatang Komara meminta kegiatan yang merupakan cikal bakal perekat silaturrahmi dan koordinasi ini menjadi jembatan untuk meningkatkan kembali terkait kepramukaan di masing-masing gugus depan.

  • Ano juga membuka resmi kegiatan tersebut, memaparkan adanya beberapa peraturan baik berupa Undang-undang 12 Tahun 2010 yang dilengkapi juga AD/ART organisasi, bahkan dalam pelaksanaan ekstra kurikuler di wilayah Subang akan dilengkapi payung hukum berupa Peraturan Daerah dan Perbudnya. "Jangan sampai kita melupakan kegiatan kepramukaan di Gugus atau Pangkalanya karena giat Pramuka sudah lama berjalan dan tidak ada masalah termasuk soal keuangannya, "jelas Ano.

  • Bahkan keberadaan Bumi Perkemahan Ranggawulung yang sudah lama tidak digunakan kegiatan perlu perhatian bersama. Apalagi dalam pengelolaannya selalu berpindah-pindah sehingga muncul kebijakan berbeda. Sekarang dikelola dibawah Di as LH dan yang penting  jangan sampai malah hilang dan beralih-fungsi.

  • Sebelumnya Kepala Cabang Dinas (KCD) Disdik Jawa Barat selaku MKKS SMA/K Kabupaten Subang, Ramlis,STP,M.Si menymbut baik dengan adanya kegiatan orientasi ini karena sudah lama tidak digunakan karena menjadi kepala sekolah. " Jadi soal kepramukaan ini bagi kami perlu disegarkan kembali atau di-charge dan kesempatan ini waktu paling tepat,"katanya.

  • Ramlis yang menjabat Kepala SMKN 2 Subang juga pengurus MKKS di Jawa Barat ini berharap pertemuan dilaksanakan secara rutin. Tidak hanya dalam kegiatan formal saja. (B.76)**

  • Keterangan gambar: Ketua Harian Kwarcab. Pramuka Subang, Ano Suyatno saat membuka sekaligus memberikan materi orientasi.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Phone :

0260 414789

Sekretariat :

Jl KH Dewantara NO 1,
Dangdeur, Subang

Email :

dkcsubang@kwarcabsubang.or.id